MSDM ALFAMART

MAKALAH TENTANG PERMASALAHAN
SUMBER DAYA MANUSIA PADA
BISNIS RITEL ALFAMART



Image result for logo mdp
 








DIBUAT OLEH :
NAMA : Tia Triputri Agustina
NPM : 1620200025
KELAS : MJ 42

Dosen Pembimbing : Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM
Mata Kuliah : Manajemen Sumber Daya Manusia

DAFTAR ISI
DAFATAR ISI …………………………………………………….............
BAB 1 . PENDAHULUAN ………………………………………………..
1.1.       Latar Belakang …………………………………………....
1.2.       Sejarah Alfamart ………………………………………..…
BAB 2 . STRUKTUR ORGANISASI ………………………………….....
2.1. Visi dan Misi Perusahaan …………………………………..
2.2. Keunggulan Perusahaan ……………………………………
BAB 3 . PEMBAHASAN ………………………………………………….
            3.1. Pelatihan dan Pengembangan Karyawan ………………..
            3.2. Perlindungan Karyawan ……………………………………
            3.3. Kebijakan Terhadap Karyawan …………………………
            3.4. Layanan Terhadap Konsumen ……………………………
BAB 4 . ANALISIS KASUS ……………………………………………
BAB 5 . PENUTUP ……..……………………………………………….
            5.1. Kesimpulan …………………………………………………
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang

Semakin banyak perusahaan menawarkan produk barang dan jasa maka konsumen  memiliki pilihan yang banyak, dengan demikian kekuatan tawar menawar konsumen semakin besar oleh karena itu, perusahaan harus mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen, kemudian berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut hasil pemasaran suatu perusahaan dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk maju dan mundurnya perusahaan. harapanya pelanggan diyakini mempunyai peranan yang besar menentukan kualitas produk dan kepuasaan pelanggan, penelitian ini memilih Alfamart sebagai obyek penelitian karena konsep  perdagangan eceran yang diciptakan oleh Alfamart yang dirancang untuk memuaskan para konsumen ditambah dengan fasilitas-fasilitas pelengkap seperti tenant, parkir gratis bahkan adanya diskon berbelanja dengan menggunakan kartu aku, maka Alfamart benar-benar merupakan suatu alternative tempat berbelanja keluarga.SURANTO dan ANAND MIFTACHUR RIZA (2005) dalam konteks kepuasaan pellanggan tentang apa yang akan diterimanya.dengan demikian harapan pelangan yang melatar belakangi mengapa dua organisasi bisnis yang berbeda oleh pelanganya dirumuskan factor apa yang membedakan perilaku dalam membeli.

1.2.       Sejarah Alfamart

Alfamart merupakan salah satu perusahaan retail local yang saat ini menjadi yang terbaik di Indonesia, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya penghargaan yang diraih dalam kurun waktu 14 tahun sejak didirikanya perusahaan ini.
1989  : berdiri sebagai perusahaan dagang aneka prodak oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikanya di jual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989.
1994 : Struktur kepemilikanya berubah menjadi 70% PT. HM. Sampoerna Tbk dan 30% PT. Sigmantara Alfindo ( keluarga Djoko Susanto
1999  : Alfa Minimart pertama mulai beroprasi di jl. Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang, Banten.
2003  : Alfa Minimart menjadi Alfamart.
2005  : jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam enam tahun, semua toko ada di pulau jawa.
2006  : PT. HM. Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikanya menjadi PT. Sigmantara Alfindo ( 60% ) Cakrawala Mulia Prima ( 40% ). Mendapat sertifikat ISO 9001:2000 untuk System Manajemen Mutu.
2007 : Alfamart sebagai jaringan Minimarket pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat, jumlah gerah mencapai 2000 toko, memasuki pasar Lampung.
2009  : Menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 januari 2009 di Bursa Efek Indonesia, gerai mencapai 3000 toko, memasuki pasar bali,
Januari 2010 : jumlah gerai lebih dari 3500 toko.
Mei 2011 : jumlah gerai alfa sebanyak 4000 unit gerai, jumlah gerai sebelumnya menargetkan bisa membuka 600 gerai.  Alfamart memiliki total gerai sebanyak 6.585 gerai per 30 September 2012, kemudian akan mengembangkan pembukaan di beberapa wilayah Indonesia Timur.


BAB II
STRUKTUR ORGANISASI
2.1. Visi dan Misi Perusahaan
            -     Visi :
Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang memiliki oleh masyarakat luas berorientasi kepada pemberdayaan usaha kecil, memenuhi kebutuhan, harapan konsumen, serta mampu bersaing global.
-          Misi :

1.   Memberikan kepuasan pada pellanggan / konsumen dengan berfokus pada  produk pelayanan yang berkwalitas unggul.
2.   Selalu menjadi yang terbaik  dalam segala hal yang dilakukkan dan selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnis yang tertinggi.
3.   Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wisatawan dan kemitrausahan.
4.   Membangun organisasi global yang terpercaya,tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan,pemasok,karyawan,pemegang saham dan masyarakat umum.


2.2. Keunggulan Perusahaan
1. Harga Lebih Pasti
Di Alfamart itu harga dibandrol jelas dan pasti. Jadi buat kamu yang sudah nge-list daftar barang belanjaan yang mesti dibeli lengkap dengan harganya, nah kalau beli di tempat ini harganya akan pasti. Jadi kamu pun nggak akan kecele lagi. 

2. Nyaman Pasti
Dengan ruangan yang berpendingin, kalau kita belanja pun akan merasa lebih nyaman. Nggak akan kepanasan. Display produk pun ditata dengan baik jadi memudahkan kita untuk menemukan produk yang ingin dibeli. 

3.  Banyak Promo
Kalau ingin tahu promo Alfamart terbaru, coba cek di website alfamartku. Di sana bisa ditemukan info update promo hari ini, minggu ini dan bulan ini. Bagi yang suka berburu barang promo dan murah, wajib deh ngunjungi website itu tiap kali sebelum belanja.
Lihat apa aja produk yang mendapatkan promo spesial. Kalau ada yang dibutuhkan, ingat-ingat deh. jadi langsung kalau ada gerai Alfamart terdekat bisa langsung mencari produk tersebut.
Misalnya pun kamu nggak sempat buka website alfamartku itu bisa juga langsung datang ke Alfamart dan cari deh yang label harga khusus atau ada tanda coretnya. Pasti itu produk yang sedang promo atau mendapatkan diskon hari ini. 

4. Tempatnya Bersih
Ini membuat kita lebih nyaman saat berbelanja. Bahkan mungkin saat kita belanja, kita lihat pegawai Alfamart yang membersihkan lantai, rak, atau pun kaca. Itu menunjukkan dedikasi mereka untuk memberikan tempat yang bersih bagi para pengguna. 

5. Ada yang buka 24 jam
Di beberapa gerai Alfamart ada yang buka sampai 24 jam. Ini tentu memudahkan kita kalau misalnya saat tengah malam butuh sesuatu untuk berbelanja. misalnya aja nih, perut tiba-tiba keroncongan sementara persediaan mie instan di rumah habis. Ya kita tinggal pergi aja ke Alfamart terdekat, dapat deh mienya.
Atau misalkan kita butuh obat-obatan ringan saat tengah malam, kalau di warung-warung kebanyakan pasti udah pada tutup. Kalau begitu ya kita bisa pergi ke Alfamart yang buka 24 jam itu dan membeli obat-obatan tersebut. 

6. Bisa Ikut Menyumbang
Sewaktu membuka website Alfamartku, di sana diberitakan kalau Alfamart ikut membantu pembangunan Taman Kanak-Kanak di Ciranjang Cianjur. Bangunan TK yang dibangun Alfamart itu dengan fasilitas berupa 2 ruang belajar, 1 ruang guru, 2 toilet, serta arena bermain anak.


BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Pelatihan dan Pengembangan Karyawan
Karyawan sebagai aktor terpenting dalam kesuksesan bisnis eceran. Karyawan yang tanggap, terampil dan cekatan secara langsung dapat mengoptimalkan layanan yang diberikan oleh sebuah toko. Karyawan Alfamart mendapat perbekalan pengetahuan dan praktek di dalam toko sejak diterima menjadi karyawan.  Pada saat sebelum bekerja karyawan diberikan pelatiha selama satu minggu menurut kriteria posisi yang dipegangnya. Materi yang diberikan secara umum oleh semua karyawan adalah standar prosedur pelayanan prima di toko, materi pelaksanaan operasional SO, penanganan keluhan konsumen dan materi lainnya.
Khusus untuk kasir diberikan materi kecantikan (beauty class). Seiring perjalanan waktu, pelayanan toko akan mengalami perubahan seiring dengan perubahan segmen pasar, perilaku konsumen dan perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu program pelatihan dan pengembangan karyawan terus dilakukan secara berkala setiap bulan secara bergantian tergantung dari materi pelatihan.

3.2. Perlindungan Karyawan
1. Fasilitas keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan /  Safety, health and welfare facilities
Setiap karyawan mendapatkan perlengkapan kerja yang diperlukan untuk mendukung setiap pekerjaan yang dilakukan. Setiap karyawan mendapatkan tunjangan-tunjangan juga diikutsertakan dalam program BPJS dan Koperasi Karyawan. 
Every employee get work equipment required to support any work performed. Each employee receive allowances are also included in the BPJS Program and Koperasi Karyawan.
 
2. Fasilitas olah raga dan keagamaan / Sport and religious facilities
Perusahaan menyediakan dana dan ruangan bagi kebutuhan olah raga dan menyediakan fasilitas untuk kegiatan keagamaan.
The company provides funding and space for the needs of sport and provide facilities for religious activities.

3. Penyediaan ruang dan suasana kerja yang mendukung / Provision of space and a supportive working environment
 Perusahaan memastikan bahwa setiap karyawan mendapatkan ruang, sarana dan prasarana kerja yang memadai. Menciptakan suasana kerja yang nyaman untuk memenuhi kebutuhan karyawan.
The company ensures that each employee get a space, facilities and infrastructures are adequate. Creating a comfortable working environment to meet the needs of employees.

4.   Training dan pengembangan / Training and development
Perusahaan menyiapkan pelatihan-pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan keahlian dan pengembangan karir karyawan. Melalui sarana e-learning, pengembangan beasiswa, program knowledge management, program management development coordinator/junior dan senior manager. 
The company prepared the necessary training to improve skills and career development of employees. Through e-learning, the development of scholarship, knowledge management program, management development program coordinator / junior and senior manager.

3.3. Kebijakan terhaadap Karyawan
1. Peraturan Perusahaan / Company Regulations
2. Keterbukaan kebijakan dan informasi / Transparency of policy and information
3. Suasana kerja yang kondusif / Condusive working environment
4. Kompensasi dan benefit / Benefit and compensation
5. Pengembangan karir dan training / Training and career development
6. Persamaan kesempatan / Equal opportunities
7. Kesempatan mengaktualisasikan keterampilan, bakat dan hobi / Skill, talent and hobies actulization

3.4. Layanan Terhadap Konsumen
Layanan di toko Alfamart berfokus pada pelanggan. Karena itu pelanggan lebih tepat diistilahkan sebagai ”Raja” yang harus dilayani secara maksimal. Ada beberapa feature yang diberikan kepada konsumen diantaranya adalah diberikan kartu keanggotaan Alfamart (disebut Kartu AKU). Kartu Aku ini diberikan kepada setiap pelanggan dengan banyak sekali manfaat yang menyertainya. Manfaat tersebut diantaranya adalah diberikan reward untuk diikutsertakan pada program promosi toko.

BAB IV
ANALISIS KASUS

Karyawan Itu Aset, Tidak Mungkin Ada PHK Sepihak
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) memastikan tidak ada PHK sepihak terhadap karyawan seperti yang dituduhkan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Sebagai perusahaan terbuka yang mempekerjakan banyak karyawan, PT SAT mengaku selalu mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, termasuk soal ketenagakerjaan.
"Karyawan itu aset kita. Tidak akan ada PHK sepihak atau semena-mena. Kecuali memang yang bersangkutan melakukan pelanggaran. Misalnya berkelahi di tempat kerja atau hal memberatkan lainnya. Dan untuk kasus ini, karyawan sudah berakhir hubungan kerjanya sesuai jangka waktu perjanjian yang telah ditandatangani dan disepakati dalam PKWT," kata Branch Corporate Communication Alfamart Medan Eris Estrada Sembiring di Medan, Jumat (22/7/2016).
Ia mengutip isi Persetujuan Bersama yang ditandatangani pada tanggal 26 Januari 2016 lalu. Di poin kedua disebutkan, bahwa keduabelah pihak, baik perusahaan maupun karyawan, mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan tentang penyelesaian permasalahan (kontrak/PKWT) sampai adanya putusan berkekuatan tetap (incracht).
"Dengan demikian, menanggapi tuntutan mereka kemarin, akhirnya kita bersama duduk di persidangan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). Dan sekarang persidangan masih berjalan. Seharusnya kita hormati prosesnya," tegasnya.
Penyelesaian :
semua pihak sepakat untuk sama-sama menjaga ketenangan bekerja dan situasi yang kondusif tanpa adanya diskriminasi dan provokasi. Dan tetap mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku , dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan beberapa pihak.

BAB V
PENUTUP

5.1. Kesimpulan

Alfamart telah menerapkan manajemen yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan dalam menghadapi persaingan dibidang retail. Pelayanan yang ramah, tempat yang bersih  harga terjangkau produk sehari hari serta penetapan lokasi yang sangat strategis merupakan kunci keberhasilan Alfamart. Keunggulan Alfamart dalam dan nyaman, penentuan harga suatu produk berdasar momen tertentu juga menarik perhatian para konsumen. Salah satunya memberlakukan diskon-diskon pada bulan tertentu.

Dalam penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dan operasi serta penambahan bahan baku, Alfamart juga selalu menambah sumber daya manusia baru apabila gerai baru dibuka. Namun seluruh manajemen sumber daya manusia dilakukan secara terpusat di manajemen pusat Alfamart. Pengusaha terwaralaba hanya menerima keuntungan tanpa menjalani sendiri proses operasi karena semua implementasi manajemen dilakukan terpusat.

           
DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini